Beasiswa Prestasi Olahraga UPI dan UGM

Beasiswa Olahraga dari UPI:

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka penerimaan mahasiswa baru program beasiswa prestasi olahraga. Program seleksi UPI jalur Undangan Seleksi Masuk UPI atau Jalur Non-SPMB untuk Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), Program Studi S1:

  1. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR)
  2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)
  3. Ilmu Keolahragaan (IKOR)

Persyaratan:

  1. Melampirkan surat keterangan tentang minat dan kemampuan siswa dalam olahraga selama di sekolah yang diisi oleh guru pendidikan jasmani/olahraga yang bersangkutan, dan berisikan beberapa data sebagai berikut:
    • Tinggi badan dan berat badan
    • Aktivitas dalam kegiatan olahraga, baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler
  2. Melampirkan data tentang prestasi olahraga dalam suatu kejuaraan yang diisi oleh siswa dan disahkan oleh Club/Pengcab/KONI di Kabupaten/Kota ybs. sebanyak dua rangkap berisikan informasi tentang prestasi olahraga secara bertingkat, yaitu:
    • Pernah mengikuti kejuaraan internasional dan nasional atau PON.
    • Kejuaraan POPSI tingkat kabupaten/kota, dan jika ada tingkat provinsi atau nasional
    • Kejuaraan tingkat PORDA kabupaten/kota, atau tingkat provinsi
    • Jika semua kriteria diatas tidak dimiliki, maka minimal harus menunjukkan suatu prestasi yang baik dalam salah satu cabang olahraga berdasarkan penilaian guru penjas/olahraga
  3. Data prestasi itu sebaiknya dilengkapi dengan bukti-bukti berupa piagam atau bukti konkret lainnya yang disahkan salinannya oleh organisasi induk olahraga, KONI, atau sekolah
  4. Hasil pemeriksaan kesehatan dinyatakan oleh dokter, berupa:
    • Keterangan sehat paru-parudisertai bukti hasil foto rontgen
    • Keterangan tidak buta warna
  5. Akan dilakukan pengecekan dokumen, kesehatan, dan kemampuan yang bersangkutan di kampus FPOK UPI

Beasiswa UGM:

Universitas Gadjah Mada. Persyaratan:

  1. Berprestasi di bidang olahraga, minimal juara II, kejuaraan internasional
  2. IPK minimal 2.7 (dilampiri transkrip nilai)
  3. Terdaftar sebagai mahasiswa (dilampiri KTM/Gama Card)
  4. Salinan sertifikat/piagam hasil kejuaraan tahun 2004/2005 yang dilegalisir oleh induk organisasi cabang olahraga
  5. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa lain
  6. Rekomendasi dari induk cabang olahraga
  7. Mengisi formulir
  8. Fotokopi buku bank atas nama sendiri

Prestasi Olahraga atau Seni

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa UGM minimal pada semester IV (dilampiri fotokopi KTM)
  2. Berprestasi di bidang olahraga atau seni: Juara I, II dan III tingkat nasional, regional (ASEAN) atau internasional (dilampiri fotokopi sertifikat kejuaraan/penghargaan)
  3. IPK minimal 2.50
  4. Tidak sedang menerima beasiswa lain. Beasiswa diberikan tidak dalam bentuk tunai, namun berupa pembebasan BOP selama satu tahun.

36 Balasan ke Beasiswa Prestasi Olahraga UPI dan UGM

  1. emma mengatakan:

    saya emma mhsiswa keguruan bimbingan dan konseling saya akan lulus tahun ini saat ini sedang mencari info beasiswa S2 pendidikan, saya dari universitas Indraprasta PGRI saya tertarik sekali dengan program ini mengingat dibutuhkannya konselor-konselor sekolah guna memajukan pendidikan di indonesia.terima kasih.

  2. Mardiansyah mengatakan:

    saya memerlukan informasi beasiswa bagi lulusan sekolah kehutanan menengah atas (SKMA) – SLTA. tolong informasikan beasiswa S1 nya kepada saya apakah itu di IP, UGM, atau universitas lain yang memberikan beasiswa kepada lulusan SLTA sederajat termasuk lulusan SKMA. terimakasih

  3. dhiya mengatakan:

    mana folmulir n alamat pengirimannya ????

  4. I Gede Suwiwa mengatakan:

    saya suwiwa, mahasiswa S1 pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi universitas pendidikan ganesha bali. bagaimana syarat untuk mengajukan bea siswa untuk studi S2. saya memliki prestasi olahraga di tingkat internasional. mohon berikan petunjuk.

  5. anti mengatakan:

    Saya tertarik dengan UPI, tapi saya ragu untuk daftar karena faktor biaya. Jadi saya tidak ikut PMDK UPI kemarin. Tapi saya agak menyesal… Apakah saya masih bisa ikut lewat seleksi lain….?????
    Saya bisa dibilang salah satu atlit Jateng tp saya masih SMA kelas 3. Saya sering mendapat juara 1 di POPDA Atletik khususnya lari100 m dan Lompat Jauh, itu untuk tingkat kabupaten dan gelar ini msh saya pegang sampai th 2007 ini karena th2008 saya harus koksen ke ujian. Dan untuk prestasi lain saya juara 2 Lompat jauh dalam PORDA jateng di semarang th 2006 tp sayang piagam hilang……… saya sudah bilang kepembina tp belum juga ketemu, jadi saya tak bisa buktikan yp ad tropi penghargaan di ekolah saya…. Saya juga 6 besar untuk pencak silat kelas c th 2007 kemarin walaupun saya tak dapat juara ,saya puas karena saya baru 1 th belajat pencak silat dan saya bisa masuk 6 besar seprovinsi. Saya ingin sekali bisa kuliah……..?????

  6. heru agustian mengatakan:

    saya bingung,, saya ingin tahu siapa saja siswa yang lulus seleksi PMDK kemarin?

  7. yuliastuty mengatakan:

    mohon informasi beasiswa S1 Pendidikan kesenian di PT wilayah Sualawesi. trims.

  8. poppi rianty mengatakan:

    saya tahun ini sma klas 11.. aktif dalam kegiatan basket,seni musik,b.inggris ,b.jepang adakah beasiswa untuk sya??

  9. jefri mengatakan:

    sy guru penjas pns diparepare, sulsel.mo nanya nih, ada nda beasiswa s2 untuk guru penjas di upi?kalo ada, apa syartnya?

  10. Yasier Fadilah mengatakan:

    saya masih kelas 9 smp, walaupun sya masih smp tapi saya ingin sekali kuliah di UPI yang katanya olahraga UPI itu bagus dan banyak mencetak atlet-atlet berbakat.
    Saya ini termasuk atlet cabor pencak silat, alhamdulilah saya sudah pernah juara 1 antar perguruan, juara 1 PORSENI antar SMP se-kabupaten dan juara 2 di tingkat JABAR juara 3 PORKAB Kabupaten dan masih ada lagi,,,,
    saya ini ingin sekali ikut PON tapi mungkin umur saya belum cukup…
    Tujuan saya masuk ke UPI saya ingin menjadi atlet pencak silat UPI yang berprestasi dan bisa mengikuti PON…
    Saya maw bertanya apakah persyaratan minimal agar bisa masuk ke UPI melalui jalur prestasi olah raga hanya harus juara di ajang yang bergengsi saja seperti PORDA,PON?? bagaimana kalau cuma ikutan PORSENI tapi udah di tingkat Jabar???
    dan bagaimana sajakah pembinaan atlet-atlet di UPI???
    Mohon di jawab,,, Trims.

  11. muflihun ramadhan mengatakan:

    saya baru kelas 2 smk . saya ingin kuliah di cabang olah raga yan saya minati(sepak bola). apakah ada beasiswa masuk kuliah?karena memang saya ada keterbatasan tentang biaya . sya jg aggota gama junior.yg kmaren baru sja mengadakn pertandingn antr jgja . trims

  12. kuntadi,SDII mengatakan:

    adakah beasiswa S2 untuk olah raga, atau yang murah tapi terjangkau untuk ekonomi pas-pasan

  13. ARIEP mengatakan:

    SAYA BERNIAT MENDAPATKAN BEASISWA S2 DBIDANG OLAHRAGA.. KALATU ADA INFORMASI MHOH KUNTAK SAYA TRIMAKAZIH

  14. angga mengatakan:

    saya tertarik dgan UGM tapi saya cuman dapat juara 3 kejurda n juara 2 beregu pa msh dlm daftar persyaratan

  15. AAN DULHADI mengatakan:

    SAYA SANGAT BERMINAT DENGAN OLAHRAGA TAPI SAYA AKUI, SAYA KURANG MENDAPATKAN PRESTASI DALAM OLAH RAGA. BISAKAH ORANG SEPERTI SAYA MENDAPATKAN BEASISWA OLAHRAGA?

  16. siti cholifah mengatakan:

    Saya sisw SMK 1 kudus kelas 3. Saya ingin masuk di UGM, saya juara 2 penck silat kelas C putri tingkat propinsi, 2009 an juara 1 lari 100m tingkat kabupten

  17. thomas miradi zulmaizar, S.Pd mengatakan:

    saya Thomas, S1 pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi Universitas Negeri Medan . bagaimana syarat untuk mengajukan bea siswa untuk studi S2. saya memliki prestasi olahraga di tingkat daerah. mohon berikan petunjuk.

  18. Dinda mengatakan:

    Saya adinda sklh di SMA RIMBA MADYA BOGOR, saya msh kls XI .. Bisa tdk saya ikut beasiswa tp saya tdk pny prestasi kjuaraan krn tdk ada tim ttap putri di cbang olhrga bsket di sklh saya .. Apa blh smua prsyaratan.a hnya pda kterangan guru saja ?

  19. darus shufi mengatakan:

    apakah ada beasiswa S2 bagi lulusan dari universitas lain, saya lulusan UM Malang….terima kasih…saya hanya punya IPK yang bagus.

  20. Randika Asiani W S.Pd mengatakan:

    saya lulusa S1 Unesa Dan saya Jg berprestasi Nasional dan Asia mau tanya ada ngk beasiswa s2 nya olahraga
    Trimakasih

  21. wawat mengatakan:

    maaf mau nanya,pendaftarannya mulai kpan??

  22. ZENI mengatakan:

    SAYA SANGAT BERMINAT DANGAN OLAH RAGA BISA DI BILANG SAYA SALAH SATU ATLET SANSOU TAPI SAYA CUMA DAPAT JUARA III APAKAH SAYA DAPAT MENDAFTAR?

  23. anggi mengatakan:

    apakah syarat dan ketentuan diatas masih berlaku?

  24. ari fitriadi mengatakan:

    Saya sangat mengharapkan mendapatkan beasiswa Olahraga untuk S2

  25. Angga Pratama mengatakan:

    terakhir penutupan beasiswa olahraga kapan????

  26. Angga Pratama mengatakan:

    saya siswa sma di lampung saya ingin kuliah d UPI kapan terakhir penutupan pendaftaran beasiswa olahraga,,

  27. DIKRANA ANGGUN WICAKSANA mengatakan:

    saya d”zikry Al Wicaksana dari kabupaten kudus jateng lulusan 2010 berminat mendaftar FPOK UPI di 2012 apakah masih bisa?
    kalo memang masih bisa cara pandaftarannya gimana?

  28. DIKRANA ANGGUN WICAKSANA mengatakan:

    saya d”zikry Al Wicaksana dari kabupaten kudus jateng lulusan 2010sangat berminat mendaftar FPOK UPI di 2012 melalui J program beasiswa olahraga apakah masih bisa?
    kalo memang masih bisa cara pandaftarannya gimana?

  29. nisa ul fitri mengatakan:

    ini masi berlaku gak?kalau sudah keterima lewat snmptn tulis bisa dapat beasiswanya gak? mohon di balas yaa,butuh ini banget😦

  30. rahmat haemi,s.pd mengatakan:

    Saya rahmat haemi, lulusan S1 PGSD UPI. Saya ingin bertanya tentang persyarata beasiswa S2 Pendidikan Olahraga?

  31. Rafa Axis mengatakan:

    minat s2 tapi belum pernah masuk PON atau kejurnas apapun bs gak?? gmn carany………

  32. Eko Jumaddin mengatakan:

    apa benar, UGM bisa menerima prestasi olahraga? apa ini masih berlaku? prestasi tertinggi saya hanya juara 3 Asean, bisa gak yaa? apa ikut tes juga nantinya???

  33. Sheree mengatakan:

    The theme of your blog is truly fresh, I am certain that the people who read your blogs will take pleasure from your content and points of view.

  34. syamsul fauzy mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Misalkan dri sekolah. Saya dikasih surat keterangan dan ditanda tangani kepala sekolah apakah. Boleh,,, untuk masuk. UPI terima. Kasih

  35. RaiHan's Nouna SLow mengatakan:

    saya ingin menjadi Atlit dan mendapat beasiswa untuk sekolah, tp penghargaan pencak silat yang saya punya hanya ; Juara I o2sn kab.Lebak, juara I prov. banten dan lolos ke Nasional ( o2sn 2o14 ) kelas B putra. Juara II unj cup x se-Jabodetabek. juara II popkab Lebak. Juara II pospekab Lebak, DLL… saya ingin bersungguh2 menjadi atlit tp Bagaimana Caranya ?

  36. yanuar iqbal f mengatakan:

    Mau nanya itu beasiswa di upi smpek kpan ya?

Tinggalkan Balasan

